Cara Mudah Memulai Investasi Reksadana

 Bagaimana cara memulai investasi reksadana? Pada kesempatan kali ini kita akan belajar Cara Mudah Memulai Investasi Reksadana.

Cara Mudah Memulai Investasi Reksadana

Kita buat simulasi berikut: Anda baru saja menikah, belum punya anak. Penghasilan bersih sekitar 1juta per bulan setelah terpotong kebutuhan. Mari kita pelajari jenis reksadana apa yang sesuai dengan penghasilan tersebut dan untuk keperluan jangka pendek-menengah.

Kebanyakan orang masih belum tergerak untuk berinvestasi di instrumen keuangan ini. Ada banyak lembaga yang menjajakan reksa dana. Yang paling umum, reksa dana dijual melalui manajer investasi, bank agen penjual dan asuransi unit link.

Sebagai lembaga yang mengelola reksa dana, Manajer Investasi (MI) adalah pihak yang dapat Anda hubungi. Saat ini, menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jumlah MI adalah 75 perusahaan. Daftar Manajer Investasi (MI) di Indonesia.

Keuntungan membeli lewat Manajer Investasi adalah jumlah investasi yang kecil dibandingkan lembaga yang lain. Misalnya, bisa mulai investasi dari jumlah Rp100,000. Cocok untuk Anda yang ingin mulai investasi dalam jumlah kecil. Hanya saja, melalui MI, pilihan reksa dana terbatas. Hanya bisa membeli reksa dana yang dikelola MI tersebut. Selain itu, prosesnya juga lebih panjang. Harus isi formulir pembelian, kemudian transfer dana, dan kirim dokumen tersebut ke MI. Walaupun saat ini sudah ada Manajer Investasi yang melayani pembelian secara online.

Ketika kita masih pemula, kemungkinan kita belum bisa menentukan termasuk profil risiko yang mana.
Anggaplah Anda termasuk dalam profil risiko moderat, maka disarankan untuk memilih Reksadana Pendapatan Tetap (Fixed Income Funds -aktiva dalam bentuk obligasi dan surat utang) yang memberikan return yang stabil atau Reksadana Campuran (aktiva berupa campuran saham dan surat utang) yang return hasil investasi dari tahun ke tahun sedikit fluktuatif tetapi relatif pertumbuhannya lebih stabil dibandingkan Reksadana Saham. Cocok untuk investor yang mempunyai profil risiko moderat.

Pahami dan nikmati reksadana, investasilah mulai sekarang!
Investasi Reksadana - Otoritas Jasa Keuangan - OJK bapepam
Selamat berinvestasi! - Semoga Sukses!

Sumber: Sari Insaniwati, CFP
MRE Financial & Business Advisory

Baca juga: Cara Memilih&Membeli Reksadana Yang Tepat
Resiko Reksadana
Kelebihan Reksadana Dibanding Menabung Biasa?
Investasi Reksadana Idealnya Jangka Panjang

0 Response to "Cara Mudah Memulai Investasi Reksadana"

Posting Komentar